Sabtu, 08 Februari 2014

20 FACTS: FULHAM FC


SEJARAH

1. Fulham FC dibentuk pada 16 Agustus 1879 di wilayah Fulham, London Barat, oleh anak-anak sekolah minggu dari gereja Church of England, yang suka bermain bola di lapangan parkirnya.





2. Saat awal dibentuknya Fulham diberi nama Fulham St. Andrew's Church Sunday School dan baru pada tahun 1888 disingkat menjadi Fulham FC.

Evolusi lambang Fulham





3. Nama Fulham diambil dari nama daerah "Fulham" yang terletak di wilayah London Borough of Hammersmith and Fulham, London Barat Daya. Sekedar catatan, pemeran utama Harry Potter, Daniel Radcliffe, lahir disini.






4. Fulham merupakan klub sepakbola profesional tertua di kota London.



5. Fulham menjadi klub profesional pada 12 Desember 1898 dan bergabung di Liga Sepakbola Profesional Inggris pada musim 1907/08 di Divisi Dua.




6. Fulham bermain untuk pertama kalinya di Divisi Utama (First Division) pada musim 1949/50. Sementara di era Premier League, mereka pertama kali promosi di musim 2001/02.


Jean Tigana membawa Fulham promosi ke Premier League untuk pertama kalinya


JULUKAN

7. Fulham biasa disebut sebagai The Cottagers, The Whites, atau juga The Lilywhites.






HOMEBASE

8. Fulham bermarkas di Craven Cottage (25.700) sejak 1896, stadion ini terletak persis di tepi sungai Thames yang terkenal itu.















Meski terletak di jalan kecil dekat pemukiman penduduk dan mempunyai dressing room yang sangat sempit, Craven Cottage menjadi salah satu stadion favorit Sir Alex Ferguson di Inggris karena arsitekturnya yang masih sangat klasik.









Craven Cottage diarsiteki oleh Archibald Leitch yang juga menjadi arsitek pembangunan Old Trafford.

Archibald Leitch


Pemandangan Craven Cottage di awal berdirinya


MASKOT

9. Maskot Fulham bernama Billy The Badger. Billy mengenakan nomor punggung 79 yang merujuk pada tahun didirikannya Fulham (1879). Billy pernah beberapa kali melakukan tindakan kontroversial seperti menghibur Avram Grant saat masih menjadi manajer Chelsea yang notabene merupakan rival abadi Fulham, serta menari-nari di sudut tendangan penjuru saat pertandingan tengah berlangsung yang membuatnya harus diusir wasit.




KIT AND JERSEY

10. Di awal terbentuknya, Fulham mengenakan warna biru sebagai seragam mereka. The Cottagers baru mengenakan seragam putih-hitam seperti yang kita lihat sekarang ini pada tahun 1903.




Saat ini jersey mereka di sponsori oleh Adidas dengan Marathonbet, sebuah situs taruhan online, sebagai sponsor utama.



OWNERSHIP

11. Fulham dimiliki oleh Shahid Khan, seorang pengusaha muslim Amerika keturunan Pakistan. Khan mengambil alih The Cottagers dari Mohammed Al-Fayed pada Juli 2013 dengan estimasi nilai sekitar 200 juta Pounds.





Shahid Khan adalah seorang pengusaha spare part mobil Flex-N-Gate yang berpusat di Illinois, Amerika Serikat. Selain Fulham, Khan juga merupakan pemilik Jacksonville Jaguars, tim American Football yang berkompetisi di NFL. Menurut Forbes, Khan tercatat sebagai orang terkaya ke-490 di dunia.




LEGENDA

12. Manajer legendaris Fulham adalah Phil Kelso, manajer asal Skotlandia ini tercatat sebagai manajer terlama yang menukangi The Cottagers dimana dia memimpin Fulham selama 15 tahun (1909-1924). Manajer legendaris Fulham lainnya adalah Frank Osborne (1948-1949 dan 1953-1956) yang membawa The Cottagers bermain di Divisi Utama (First Division) untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.




Sementara manajer legendaris Fulham di era modern adalah Jean Tigana yang membawa The Cottagers promosi ke Premier League di musim 2001/02, serta Roy Hodgson yang berhasil mengantar Fulham menjadi runner-up Europa League 2009/10.




13. Pemain Fulham dengan rekor penampilan terbanyak adalah Johnny Haynes (1952-1970) yang bermain sebanyak 594 kali.




Patung Johnny Haynes di depan Craven Cottage

14. Sementara top skor klub sepanjang masa dipegang oleh Gordon Davies (1978-1984 dan 1986-1991) dengan 178 gol.




Beberapa pemain ternama yang pernah memperkuat Fulham diantaranya adalah Goerge Cohen, Bobby Moore, George Best, Peter Beardsley, Andy Cole, Louis Saha, dan tentu saja Edwin Van der Sar.




SUPPORTER

15. Fans Fulham masuk dalam daftar 20 besar terbaik di Inggris dalam hal rataan jumlah penonton laga kandang, fans garis keras The Cottagers biasanya menempati tribun Hammersmith End di Craven Cottage.





Suasana di Hammersmith End, tribun bagi fans garis keras Fulham

16. Meski merupakan klub kecil, Fulham ternyata banyak mempunyai fans dari kalangan selebritas papan atas, sebut saja Hugh Grant, Pierce Brosnan, Daniel Radcliffe, sampai mendiang Michael Jackson.




Michael Jackson saat menyaksikan pertandingan Fulham di tahun 1999


Berbicara tentang Michael Jackson, patung dirinya pernah didirikan diluar Craven Cottage pada tahun 2011 atas perintah pemilik Fulham saat itu Mohammed Al-Fayed yang merupakan sahabat sang raja pop tersebut. Banyak fans Fulham yang tidak setuju terhadap pendirian patung ini karena merasa Jacko tidak ada kaitannya sama sekali dengan Fulham tetapi Al-Fayed bersikeras untuk tetap membangun patung Jacko sambil berkata: "Go to Hell!" kepada semua fans Fulham yang menentangnya. Shahid Khan, pemilik baru Fulham, kemudian membongkar patung Michael Jackson tersebut pada bulan September 2013 lalu setelah berkonsultasi dengan fans.







RIVAL

17. Rival utama Fulham adalah Chelsea. Rivalitas tercipta karena keduanya merupakan klub yang berasal dari London Barat dan bertetangga (Stamford Bridge bahkan terletak di wilayah Fulham). West London Derby menjadi tajuk bentrokan antara The Cottagers kontra The Blues. Meski masih berlangsung sengit, saat ini Chelsea tidak lagi terlalu menganggap Fulham sebagai rival utama setelah berubahnya status mereka menjadi klub elite sejak dikuasai Abramovich.





Klub lainnya yang menjadi rival Fulham adalah QPR, Brentford, West Ham, dan Gillingham. Seorang fan Fulham bahkan pernah tewas setelah bentrok dengan fans Gillingham di era 90an dulu.



PRESTASI

18. Fulham belum pernah memenangi major trophy apapun sepanjang sejarahnya.



Prestasi terbaik Fulham di Liga Inggris adalah saat menduduki peringkat ke-7 pada musim 2008/09.




Sementara di ajang piala domestik, prestasi terbaik mereka adalah runner-up FA Cup 1974/75, saat itu The Cottagers kalah 0-2 dari West Ham United.





Di pentas Eropa, prestasi terbaik Fulham adalah saat mencapai final Europa League 2009/10. The Cottagers harus puas hanya menjadi runner-up setelah kalah 1-2 di masa extra time dari Atletico Madrid yang saat itu masih diperkuat David De Gea.






UNITED LINK

19. Ray Wilkins dan Mark Hughes tercatat menjadi mantan pemain United yang kemudian menjadi manajer Fulham. Wilkins (MUFC 1979-1984) mengarsiteki The Cottagers di musim 1997/98 sementara Hughes (MUFC 1983-1986 dan 1988-1995) memanajeri Fulham pada musim 2010/11. 



Diluar mantan pemain, nama Rene Meulensteen juga memiliki keterkaitan dengan United dan Fulham. Rene mengawali karir kepelatihannya di United dengan menjadi youth team coach (2001-2005), reserve team coach (2005-2006), dan first team coach (2007-2013). Rene kemudian bergabung dengan Fulham di musim 2013/14 ini sebagai asisten manajer sebelum akhirnya diangkat penuh menjadi manajer.



Sementara itu ada 17 pemain yang pernah memperkuat United dan Fulham, diantaranya adalah George Best, Peter Beardsley, Paul Parker, Andy Cole, Louis Saha, Edwin Van der Sar, Jonathan Greening, Dimitar Berbatov, dan yang terakhir adalah Ryan Tunnicliffe.





Total United telah 82 kali bertemu Fulham di semua kompetisi dengan catatan 49 kali menang, 19 kali seri, dan 14 kali kalah.




KONDISI FULHAM TERKINI

20. Saat ini Fulham dimanajeri oleh Rene Meulensteen yang menggantikan Martin Jol di bulan Desember 2013 lalu. Rene sebelumnya merupakan asisten dari Jol.



Pemain andalan Fulham saat ini diantaranya adalah Maarten Stekelenburg, Steve Sidwell, Scott Parker, Kieran Richardson, Pajtim Kasami, dan Darren Bent.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar