Senin, 26 Agustus 2013

PREVIEW: [PREMIER LEAGUE] MANCHESTER UNITED v CHELSEA





PREVIEW

And this is it... ujian berat pertama bagi United di musim ini akhirnya tiba, tidak tanggung-tanggung, sang favorit juara Chelsea dengan manajernya yang bermulut (dan prestasi) besar akan coba menggoreskan luka pertama di wajah David Moyes, manajer baru United yang diremehkan banyak orang (termasuk segelintir fans United sendiri).

Diluar dugaan, United tidak memenuhi ekspektasi banyak pengamat yang berharap mereka bakal menghadapi kesulitan di pekan pertama liga dan secara kurang ajar malah menang telak di Wales untuk langsung memimpin klasemen (sebelum kembali direbut City dan kini Chelsea).

Duel edisi ke-169 ini akan menjadi pertemuan pertama United melawan The Blues tanpa sosok Fergie sebagai manajer, sesuatu yang terakhir kali terjadi di musim 1986/87 saat United asuhan Big Ron kalah 0-1 di Old Trafford. Semua fans United tentu berharap hasil buruk tersebut tidak terulang dibawah era baru Moyes, mereka juga telah menyiapkan welcoming banner brilian bertuliskan "The Chosen One" sebagai bentuk dukungan penuh mereka terhadap sang manajer baru dan sekaligus sebagai sindiran terhadap manajer lawan yang selalu mengaku spesial itu. Maka menarik ditunggu bagaimana Moyes akan coba menorehkan kemenangan pertamanya atas Mourinho sekaligus membawa United kembali memuncaki klasemen.

Selain Moyes vs Mourinho, sorotan besar dalam partai ini jelas akan tertuju pada pria scouser gempal pemilik nomor 10 di United. Sungguh menjadi skenario yang menakjubkan bagaimana Tuhan mempertemukan United dengan Chelsea saat ini dimana pria scouser tersebut telah menaruh hati dan ingin segera berseragam biru. Meski jelas terlihat setengah hati, permainannya di Liberty minggu lalu cukup memuaskan dengan berkontribusi penting atas terciptanya gol van Persie dan Welbeck, jadi patut dinantikan apakah dia akan kembali memberi pengaruh signifikan jika diturunkan. Apakah dia akan menjadi starter? akankah dia mencetak gol melawan 'tim impiannya' itu? selebrasi macam apa yang akan dia lakukan jika benar-benar berhasil menjebol gawang Peter Cech? kita akan menemukan semua jawabannya malam ini. Yang jelas, saya yakin perasaan aneh akan berkecamuk dihatinya saat pertandingan nanti.

Secara objektif, hasil imbang akan menjadi pencapaian yang cukup baik bagi Moyes di big match pertamanya, tapi sebagai fan, saya harap Moyes akan tersenyum penuh kemenangan saat menjabat tangan si mulut besar di akhir pertandingan.

So come on David Moyes, play like Fergie boys! we'll go wild wild wild!






DATA DAN FAKTA

Manchester United kalah 0-1 dari Chelsea dalam pertemuan terakhir di liga yang sudah tidak menentukan lagi di Old Trafford, gol The Blues dicetak Juan Mata.




TOTAL PERTEMUAN

mufcinfo


10 PERTEMUAN TERAKHIR

Manchester United menang 5, seri 2, kalah 3, gol: 20-17

aboutmanutd

10 PERTEMUAN TERAKHIR DI OLD TRAFFORD

Manchester United menang 6, seri 2, kalah 2, gol: 17-9

aboutmanutd


REKOR MANCHESTER UNITED vs JOSE MOURINHO

Main 16, menang 2, seri 7, kalah 7, gol 11-18, persentase kemenangan 12,5%

(NB: Khusus saat menghadapi Chelsea yang dilatih Mourinho maka rekor pertemuannya adalah: main 10, menang 1, menang adu penalti 1, seri 3, kalah 5, gol 5-12)


REKOR DAVID MOYES vs JOSE MOURINHO

 Main 8, menang 0, seri 3, kalah 5, gol 6-15, persentase kemenangan 0%


DAFTAR PEMAIN YANG ABSEN

 Manchester United: 
Darren Fletcher (cedera), Nani (cedera), Ashley Young (cedera), Javier Hernandez (cedera), Nick Powell (meragukan).

Chelsea:
David Luiz (meragukan), Tomas Kalas (cedera)

  
NOTES

United bertemu Chelsea pertama kali dalam pertandingan Division Two 1905/06 di Bank Street (kandang lama United), skor berakhir imbang 0-0.

United belum pernah menang dari Chelsea dalam 2 pertemuan terakhir di Old Trafford.

United belum pernah kalah dalam pertandingan kandang pertama liga di Old Trafford sejak 1992/93 saat kalah 0-3 dari Everton.

United menang 14 dari 16 pertandingan liga terakhir di Old Trafford.

United mencetak minimal 2 gol dalam 3 pertandingan liga terakhirnya.

Chelsea menang 6 dari 7 pertandingan liga terakhirnya.

Jika diturunkan, Ryan Giggs akan mencatat penampilannya yang ke-50 melawan Chelsea.

Jika diturunkan, Rio Ferdinand akan mencatat penampilannya yang ke-300 di Premier League bersama United.

Untuk pemain United yang masih aktif, Wayne Rooney menjadi top skor saat melawan Chelsea dengan total 9 gol dari 26 pertandingan.

Dari total 168 pertemuan antara United dan Chelsea, cuma tercipta 7 kartu merah, yang terakhir diterima Rafael da Silva saat United kalah 0-1 di Old Trafford musim lalu.

Martin Atkinson 2 kali menjadi wasit dalam laga United di musim 2012/13 lalu (City 2-3 United, West Ham 2-2 United). Di 2 pertandingan tersebut Atkinson memberi 5 kartu kuning untuk pemain United.

Sementara itu Atkinson 4 kali menjadi wasit dalam laga Chelsea musim 2012/13 lalu (Arsenal 1-2 Chelsea, West Ham 3-1 Chelsea, Chelsea 2-1 Arsenal, Middlesbrough 0-2 Chelsea). Di 4 pertandingan tersebut Atkinson memberi 7 kartu kuning untuk pemain Chelsea.



PRE-MATCH QUOTES

"Memimpin tim melawan Chelsea dalam pertandingan liga pertama di Old Trafford benar-benar menjadi tantangan bagiku." -David Moyes-

"Wayne Rooney punya kesempatan bagus untuk bermain, bahkan dia mempunyai kesempatan yang bagus untuk menjadi starter." -David Moyes-

"Aku benar-benar menantikan pertemuan dengan Jose (Mourinho), dia mungkin adalah manajer muda modern terbaik saat ini, dengan semua kesuksesannya dia layak mendapatkan semua pujian yang disematkan padanya." -David Moyes-

"Pertandingan melawan United selalu menjadi yang paling aku nantikan saat menangani Chelsea, United mempunyai tim yang hebat dan stadion yang besar. Selalu penuh intrik jika bertemu dengan mereka." -Jose Mourinho-

"Fakta kembalinya Jose (Mourinho) ke Chelsea jelas memberi bumbu tambahan yang menarik, dia mempunyai karakteristik yang berbeda dan telah mengenal liga ini sebelumnya." -Rio Ferdinand-

"Ketika pertama kali melihat jadwal, aku merasa ini akan menjadi tugas yang berat bagi manajer (Moyes), tapi sekaligus akan menjadi tantangan yang menarik." -Rio Ferdinand-

"Kami tidak terpengaruh dengan segala mind game yang dikatakan Jose (Mourinho), kami malah menertawakannya." -Jonny Evans-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar