Sabtu, 05 April 2014

20 FACTS: NEWCASTLE UNITED



SEJARAH

1. Newcastle United dibentuk pada 9 Desember 1892 di kota Newcastle Upon Tyne, wilayah Tyne and Wear, Inggris Timur Laut.



Pemandangan kota Newcastle dengan sungai Tyne yang mengalir membelah kota




Jembatan Tyne yang menjadi trade mark kota Newcastle

2. Kota Newcastle memiliki luas 225 km2 (kurang lebih seluas kota Medan) dengan jumlah penduduk sekitar 279 ribu jiwa. Nama Newcastle berasal dari kata Novum Castellum yang berarti benteng baru

3. Newcastle United merupakan gabungan dari dua klub yang lebih dulu eksis di kota Newcastle, yakni Newcastle East End dengan Newcastle West End.




4. Sebelum diputuskan untuk memakai nama Newcastle United, nama-nama seperti Newcastle FC, Newcastle Rangers, dan Newcastle City sempat dipertimbangkan untuk dipakai.


Lambang-lambang lama Newcastle United


JULUKAN

5. Newcastle United dijuluki “The Magpies” yang diambil dari “Magpie”, burung sejenis gagak berbulu hitam-putih dengan ekor yang panjang. Selain itu mereka juga mempunyai julukan “The Toon” yang merujuk kepada pengucapan kata “Town” dalam aksen Geordie (orang asli Newcastle).


Burung Magpie





LAGU DAN SLOGAN

6. Lagu kebesaran Newcastle adalah Blaydon Races dan Comin’ Home Newcastle, sementara slogan kebanggaan mereka adalah "Howay The Lads!"




HOMEBASE

7. Newcastle United bermarkas di St. James Park (52.381) sejak berdirinya. St. James Park merupakan stadion terbesar ke 6 di Inggris.




8. Sejak November 2011, St. James Park resmi berganti nama menjadi Sports Direct Arena setelah saham Newcastle dikuasai oleh Mike Ashley, bos dari perusahaan retail alat-alat olahraga terbesar di Inggris, Sports Direct. Penggantian nama ini jelas memicu resistensi keras dari fans.


Mike Ashley


Protes fans terhadap perubahan nama St. James Park


9. Carrington-nya Newcastle adalah Darsley Park.




KIT & JERSEY

10. Newcastle menggunakan warna hitam-putih sebagai warna utama mereka. Awalnya Newcastle menggunakan seragam merah celana putih dan kaos kaki merah sebagai warna utama mereka.


Jersey awal Newcastle United


11. Saat ini jersey mereka di sponsori oleh Puma (sejak 2010) dengan wonga.com, sebuah perusahaan finansial online asal London, sebagai sponsor utama.






LEGENDA

12. Manajer legendaris Newcastle adalah Joe Harvey. Ia memimpin Newcastle selama 13 tahun (1962-1975) dalam 591 pertandingan, dan membawa Newcastle menjuarai Inter-Cities Fairs Cup (cikal bakal Europa League) pada 1969. Uniknya, pada masa keemasan Newcastle di awal-awal abad 20 dimana mereka berhasil menjuarai liga 4 kali dan FA Cup 2 kali, Newcastle sama sekali tidak dipimpin oleh seorang manajer secara spesifik. Saat itu mereka dipimpin oleh komite alias sekelompok staf kepelatihan saja.


Joe Harvey

Manajer legendaris Newcastle lainnya adalah Kevin Keegan dan Sir Bobby Robson.




13. Pemain dengan penampilan terbanyak adalah Jimmy Lawrence, yang bermain untuk Newcastle sebanyak 496 kali dari 1904 s.d 1922. Sementara top skor klub dipegang Alan Shearer dengan 206 gol dalam 404 kali penampilan.




Andy Cole, sejauh ini masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam semusim bagi Newcastle dengan 41 gol pada musim 1993/94. Catatan itulah yang menarik minat Sir Alex Ferguson untuk merekrutnya ke United semusim kemudian.




14. Pemain lain yang bisa disebut sebagai legenda di Newcastle adalah Kevin Keegan, John Barnes, Peter Beardsley, Paul Gascoigne dan David Ginola.




RIVAL

15. Rival abadi Newcastle adalah Sunderland di urutan pertama, dan Middlesbrough di urutan kedua. Laga Newcastle kontra Sunderland bertajuk Tyne-Wear Derby, sementara partai Newcastle melawan Middlesbrough disebut sebagai Tyne-Tees Derby.




Rivalitas antara Newcastle vs Sunderland di lapangan hijau berakar dari perang sipil Inggris antara kedua kota tersebut pada abad pertengahan.

Sementara rivalitas Newcastle vs Middlesbrough lebih kepada persaingan sebagai sesama klub yang berasal dari wilayah Inggris Timur Laut (North-East).




SUPPORTER

16. Supporter Newcastle biasa disebut Toon Army dan menjadi salah satu supporter yang terkenal dengan fanatisme dan loyalitasnya di seantero Inggris. Naik turunnya prestasi Newcastle bahkan sampai degradasi, tidak berpengaruh pada atensi mereka untuk mendukung Newcastle.




Saat harus beraksi di divisi satu pada musim 2009/10, rataan penonton St. James Park adalah 43.388, menjadikannya sebagai rataan penonton terbaik di Championship Division dan menjadi yang terbaik ke 4 di seluruh tingkatan kompetisi Inggris.



PRESTASI

17. Newcastle berada diperingkat ke-9 dalam daftar klub Inggris tersukses dengan raihan total 12 trofi dengan rincian:

4 kali juara Liga Inggris.

Posisi United saat Newcastle menjuarai liga:

1904/05 = United sedang terdampar di divisi 2.
1906/07 = United peringkat 8 (selisih 9 poin)
1908/09 = United peringkat 13 (selisih 16 poin)
1926/27 = United peringkat 15 (selisih 16 poin)

6 kali juara FA Cup.




1 kali juara Charity Shield.

1 kali juara Inter-Cities Fairs Cup (Europa League) pada 1969. Prestasi tersebut menjadi prestasi terbaik Newcastle di tingkat Eropa sampai sekarang. Untuk level Liga Champions, pencapaian terbaik mereka adalah menembus fase grup babak kedua pada musim 2002/03.

Trofi utama terakhir yang berhasil diraih mereka adalah Inter-Cities Fairs Cup 1969.




UNITED LINK

18. Total sebanyak 29 pemain pernah memperkuat baik Newcastle maupun United, di antaranya adalah Keith Gillespie, Andy Cole, Louis Saha, Nicky Butt, Alan Smith, Michael Owen dan yang terakhir adalah Gabriel Obertan.








19. Manchester United telah 159 kali bertemu dengan Newcastle di semua kompetisi sepanjang sejarah dengan rekor 81 kali menang, 37 kali seri, dan 41 kali kalah.





20. Duel United kontra The Magpies yang paling dikenang tentu saja adalah saat keduanya bertemu di final FA Cup 1998/99 dimana United berhasil menang 2-0 untuk meraih trofi keduanya dalam perburuan meraih gelar treble di musim itu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar