Selasa, 10 Desember 2013

20 FACTS: SHAKHTAR DONETSK




SEJARAH

1. Shakhtar Donetsk dibentuk pada 24 Mei 1936 dengan nama awal Stakhanovets, yang berarti "peserta dari Stakhanovite movement", sebuah gerakan yang diambil dari nama Aleksei Stakhanov, seorang penambang batubara pencetus gerakan tersebut. Stakhanovite movement sendiri adalah gerakan yang digagas untuk meningkatkan produktifitas para penambang demi kemajuan sistem ekonomi sosialis di Uni Soviet kala itu.


Aleksei Stakhanov


2. Donetsk merupakan kota industri di Ukraina Timur dan merupakan kota terbesar kelima di Ukraina dengan luas wilayah sekitar 358 km2. Ini berarti luas kota Donetsk hanya sekitar separuh dari total luas DKI Jakarta (664 km2).






3. Donetsk dihuni oleh sekitar 1 juta penduduk dengan wilayah metropolitannya dihuni oleh sekitar 2 juta orang. Penduduk asli Donetsk disebut Donechyani. Salah satu legenda sepakbola Ukraina, Sergiy Rebrov, berasal dari kota ini.




4. Donetsk terkenal sebagai pusat industri baja serta penambangan batubara di Ukraina. Selain itu Donetsk juga dijuluki sebagai kota seribu mawar.




5. Suhu rata-rata kota Donetsk berkisar antara -5 derajat celcius sampai dengan 18 derajat celcius bila memasuki musim panas.




6. Kembali ke Shakhtar Donetsk, tim awal Shakhtar merupakan gabungan dari Dynamo Horlivka dan Stalino, 2 tim lokal Ukraina yang ikut serta dalam ajang Spartakiad, semacam Olimpiade bagi negara-negara Blok Timur (sosialis/komunis).




7. Tercatat sepanjang sejarahnya, Shakhtar telah 3 kali berganti nama, yakni Stakhanovets (1936-1946), Shakhtyor (1946-1992), dan FC Shakhtar (1992-sekarang).

Evolusi lambang Shakhtar Donetsk


8. Julukan dari Shakhtar adalah Hirnyky (Miners/Para Penambang) dan juga Kroty (Moles/Tikus Tanah).




9. Shakhtar mulai berkompetisi di divisi tertinggi pada tahun 1938, atau hanya 2 tahun setelah didirikan.




KIT & JERSEY

10. Di masa-masa awalnya, Shakhtar menggunakan warna biru muda sebagai warna kebesaran seragam mereka. Baru lah pada tahun 1961 Shakhtar menggunakan kombinasi oranye dan hitam sebagai warna utama seragam mereka sampai sekarang.



Saat ini jersey Shakhtar disponsori oleh Nike dengan perusahaan finansial Ukraina SCM (CKM) sebagai sponsor utama.





HOMEBASE

11.  Shakhtar menjadikan Donbass Arena (52.518) sebagai markas mereka sejak tahun 2009 setelah sebelumnya mereka selalu memainkan laga kandangnya di The Central Shakhtar stadium dan RSK Olimpiyskiy stadium.







12. Donbass Arena termasuk kategori stadion bintang lima menurut penilaian UEFA dan menjadi salah satu stadion penyelenggara Euro 2012 kemarin.








SUPPORTER

13. Fans Shakhtar adalah salah satu fans terbaik dan yang paling fanatik di Ukraina. Rataan penonton di Donbass Arena bahkan menjadi rataan tertinggi bagi klub Eropa Timur.






RIVAL

14. Rival utama Shakhtar adalah sesama klub elite Ukraina lainnya, Dynamo Kyiv. Pertemuan keduanya disebut sebagai Ukrainian Derby dan selalu berlangsung panas.
 




Klub lainnya asal Donetsk, Metalurg Donetsk tentu juga menjadi rival bagi Shakhtar. Pertemuan keduanya disebut sebagai Donetsk Derby.




Rival Shakhtar lainnya di Ukraina adalah Zorya Luhansk dan juga Chornomorets Odessa, klubnya para pelaut Ukraina. Pertemuan Shakhtar sebagai klubnya para penambang dengan Chornomorets Odessa sering diberi tajuk "Sailors vs Miners".




15. Selain itu, Shakhtar juga memiliki beberapa rival dari klub Eropa Timur lainnya seperti Spartak Moscow dari Rusia dan Dinamo Tbilisi dari Georgia. Rivalitas dengan keduanya dibangun sejak semuanya masih berkompetisi dalam 1 Soviet Top League (Liga Utama Uni Soviet).



LEGENDA

16. Pelatih tersukses Shakhtar adalah Mircea Lucescu yang sampai sekarang masih menjadi pelatih mereka. Lucescu yang telah melatih Shakhtar sejak tahun 2004 sejauh ini telah sukses membawa Shakhtar merengkuh 18 trofi yakni 7 titel Ukrainian Premier League, 5 Ukrainian Cup, 5 Ukrainian Super Cup, dan 1 UEFA Cup.



Pelatih legendaris Shakhtar lainnya diantaranya adalah Oleg Oshenkov, Viktor Nosov, dan Nevio Scala.




17. Mykhaylo Sokolovsky (1974-1987) masih memegang rekor sebagai pemain yang paling banyak bermain untuk Shakhtar dengan 485 kali penampilan. Sementara top skor sepanjang masa klub dipegang oleh Andriy Vorobey (1998-2007) dengan 114 gol.



Pemain legendaris Shakhtar lainnya diantaranya adalah Vitaliy Starukhin, Serhiy Yashchenko, Yuriy Dehteryov, Valeriy Yaremchenko, Anatoliy Tymoshchuk, Darijo Srna, dan Luiz Adriano.

 

PRESTASI

18. Shakhtar menjadi salah satu klub paling sukses di Ukraina selain Dynamo Kyiv berkat raihan total 28 trofinya sampai saat ini.

 

19. Rincian prestasi domestik Shakhtar yaitu: 8 titel Ukrainian Premier League, 13 Soviet/Ukrainian Cup, dan 6 Soviet/Ukrainian Super Cup.
 



20. Sementara itu di pentas Eropa, prestasi terbaik Shakhtar adalah saat menjuarai UEFA Cup 2008/09 setelah mengalahkan Werder Bremen 2-1 di final yang berlangsung di Istanbul.




Untuk ajang tertinggi Eropa, Champions League, prestasi terbaik Shakhtar sejauh ini adalah saat mencapai perempatfinal di musim 2010/11.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar