Selasa, 20 Desember 2011

BEHIND THE CHANT: FIGHT FOR MAN UNITED FC






"From the banks of Irwell
To Sicily
Where we will Fight! Fight! Fight!
For (Man) United FC!
Ooo... Ooo...
Eee... Eee..."

Siapa fans United yang tidak tahu dengan chant "Fight For Man United FC" sekarang? Rasanya tidak ada, karena chant ini sedang hits di kalangan Red Army di Manchester sana dan akhirnya mewabah sampai ke fans United di Indonesia. Chant inipun akhirnya menjadi salah satu chant wajib yang selalu dinyanyikan selain "U-N-I... T-E-D", "Take Me Home", dll.

"Fight For Man United FC" ini mulai happening di musim 2010/11 ketika fans United menyanyikannya beramai-ramai di kafe dan bar-bar terbuka di Gelserkichen, saat United menjalani laga away semifinal 1st leg Champions League melawan Schalke 04 (lihat video di atas). Chant inipun semakin tenar setelah Scott The Red memposting video rekaman aksi Red Army tersebut di blog nya, The Republik of Mancunia

Darimana chant ini berawal? Well, semua berawal saat Manchester United bertemu Olympique Marseille di babak 16 besar Champions League 2010/11.



Nada chant ini sebenarnya adalah sebuah template chant di Liga Perancis, hampir setiap fans klub disana menyanyikan chant ini, tentu saja dengan lirik yang berbeda-beda sesuai dengan klub yang didukung. Saya ingat betul fans Marseille menyanyikan chant ini dengan cukup luar biasa saat mereka bertandang ke Old Trafford waktu itu, terdengar nyaris hampir 10 menit. (Terlintas dalam benak saya, wah asyik juga nih chantnya Marseille, coba United punya chant kayak gini... dan ternyata kesampaian... Hehehe...)



Ternyata Red Army disanapun berpikiran sama, mereka mengambil nada chant tersebut dan kemudian mengganti liriknya dengan lirik dari salah satu chant legendaris "Fight For United".


"From the banks of river Irwell
To the shore of Sicily
We will Fight! Fight! Fight! For United
Till we win the football league
To hell with Liverpool
To hell with Man City
They're shit!"


Nada chant legendaris ini diambil dari lagu (hymne) resmi Angkatan Laut Amerika Serikat (US Marine Corps).



"From the Halls of Montezuma
To the shores of Tripoli,
We fight our country's battles
In the air, on land, and sea."

Saat awal chant "Fight For Man United FC" dinyanyikan ada beberapa yang kurang setuju dengan penggunaan chant ini, alasannya secara umum ada dua: pertama, nadanya nggak Inggris banget dan terlalu mendayu. Memang kalau kita cek chant-chant United (dan klub Inggris lain pada umumnya), rata-rata temponya cenderung cepat, saya pikir hanya "We'll Never Die" yang agak slow dan mendayu.

Alasan kedua, karena (agar sesuai dengan nada) banyak yang menyanyikan chant ini menghilangkan kata "Man" saat lirik:

Where we will Fight! Fight! Fight! For (Man) United FC!

Argumen mereka yang tidak suka dengan chant ini adalah jika kita menghilangkan kata "Man" maka akan menjadi rancu karena hanya menjadi "United FC" saja, sehingga bisa disalahartikan dengan mendukung FC United of Manchester (FCUM).





Pada akhirnya meski sempat timbul perdebatan, "Fight For Man United FC" ini bisa diterima luas di kalangan fans, buktinya adalah saat pertandingan away melawan Blackburn Rovers dalam penentuan gelar ke-19 musim 2010/11 lalu, chant ini bergema selama hampir 15 menit dari away fans end di Ewood Park. Pada perkembangannya, chant ini kemudian dinyanyikan dengan tempo yang lebih cepat.



Terakhir, sebagai info tambahan, The Banks of Irwell (tepi sungai Irwell), adalah nama sungai yang membelah kota Manchester, salah satu sungai yang menjadi ciri khas kota Manchester selain sungai Medlock. Dari tepi sungai Irwell inilah peradaban mulai berkembang di awal-awal berdirinya kota Manchester pada tahun 79 M. Sesuai prinsip "dimana ada sumber air, disitu pasti akan berkembang kehidupan", begitulah yang terjadi dengan awal mula peradaban kota Manchester yang berpangkal pada sungai Irwell dan juga Medlock.


Pemandangan sungai Irwell di wilayah pedesaan The Cliff, Manchester.


Pemandangan Sungai Irwell yang membelah kota Manchester.

Kemudian chant ini juga menyebut  nama Sicily (The Shore of Sicily atau pantai Sisilia), sebuah tempat yang sudah sangat terkenal di Italia. Kenapa Sicily? Sebab Italia adalah salah satu negara Eropa paling selatan, dan karena pulau Sicily terletak di ujungnya, maka secara geografis Sicily bisa disebut sebagai ujungnya benua Eropa bagian selatan.


Pulau Sicily


Sicily dalam peta Italia

Jadi kurang lebih makna dari chant "Fight For Man United FC" ini adalah: Mulai dari tempat kami (Red Army) berasal/berpijak (Irwell) sampai nun jauh ke ujung Eropa sana (Sicily), kami akan terus ada untuk United dan mendukung United, fight for United!





Demikian sekilas behind the chant dari "Fight For Man United FC". Now let's sing it with proud lads!


"From the banks of Irwell
To Sicily
Where we will Fight! Fight! Fight!
For (Man) United FC!

Ooo... Ooo...

Eee... Eee..."



 
Bonus: Emily Jane saat menyanyikan chant "Fight For Man United FC"... so cute and funny... :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar