Kamis, 15 Desember 2011

BEHIND THE CHANT: STRETFORDENDERS (BERTIE MEE...)


"Bertie Mee said to Matt Busby,
'Have you heard The North Bank Highbury?'
"No," said Matt, "You Cockney Twat,"
"But I've heard The Stretford...enders!"
Chant ini termasuk salah satu chant populer dan sering dinyanyikan Red Army, terutama saat United bertemu Arsenal. Nah, kali ini saya akan coba bahas sekilas tentang Bertie Mee dan The North Bank Highbury yang ada di chant ini, here it is...

BERTIE MEE
Siapa Bertie Mee? Mee adalah salah satu manajer tersukses dalam sejarah Arsenal, dia mengarsiteki Arsenal dari tahun 1966 s.d 1976.

Bertie Mee membawa The Gunners meraih gelar Eropa pertamanya, Fairs Cup (Europa League sekarang) pada tahun 1970, sekaligus mengakhiri puasa gelar Arsenal selama 17 tahun, yang (saat itu) terakhir mengangkat trofi Liga Inggris 1952/53.

Setahun berikutnya Bertie Mee mengantar Arsenal meraih Double Winners, juara liga dan FA Cup 1970/71.
Penunjukan Bertie Mee sebagai manajer Arsenal sebenarnya merupakan sebuah kejutan besar, bahkan bagi Mee sendiri. Kenapa? Karena dia awalnya hanya seorang fisioterapis klub! Ini berarti sama saja misalnya United menunjuk fisioterapis klub, si botak Rob Swire, sebagai manajer dan lantas sukses besar! Hahaha...

Opsi awal kontrak Mee saat itu adalah apabila dalam setahun dia gagal, maka ia diperbolehkan untuk kembali bekerja sebagai fisioterapis klub.

Karena tidak terlalu fasih tentang taktik, maka di awal tugasnya Bertie Mee menunjuk dua orang asisten, salah satunya adalah Dave Sexton, yang nantinya menjadi manajer United pada tahun 1977 s.d 1981.
Dave Sexton, asisten Bertie Mee, yang kelak menjadi manajer United
Ok, itu sekilas tentang Bertie Mee, sekarang mari kita lanjut dengan The North Bank.

THE NORTH BANK HIGHBURY
The North Bank adalah nama tribun yang biasa ditempati Die Hard Gooners, karena itulah dalam chant ini Sir Matt berkata bahwa ia hanya pernah mendengar Stretfordenders, dengan maksud menyindir The North Bank yang kalah riuh.

Bagi yang sudah menyaksikan Liga Inggris dari saat Arsenal masih bermarkas di Highbury, posisi The North Bank ada di sebelah kiri layar televisi, persis seperti Stretford End di Old Trafford.
Sekarang meski sudah pindah ke Emirates, nama The North Bank tetap dipakai, untuk posisi tribun yang sama, sebelah kiri layar televisi.
Masih ingat match dimana United menghancurkan Arsenal 4-2 di Highbury pada musim 2004/05? Siapa pencetak gol terakhir United? Yup, John O'shea! Dia men-chip bola dengan indah di hadapan tribun The North Bank saat itu.

Gol O'shea tersebut mengunci kemenangan United 4-2 atas tuan rumah dan sekaligus membungkam tribun The North Bank. Good job Sheasy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar