Sabtu, 17 Desember 2011

EUROPA LEAGUE : WELKOM IN AMSTERDAM...

By: dredarmy


Undian 32 besar Europa League telah dilakukan, dan United akan bertemu dengan salah satu klub legendaris Eropa, penyandang UEFA Badge of Honor, Ajax Amsterdam.


 Kita tidak pernah bertemu lagi dengan raksasa Belanda ini selama 35 tahun. Pertemuan terakhir terjadi pada tahun 1976 dalam kompetisi yang sama --saat itu masih bernama UEFA Cup-- di babak first round. Kita kalah 0-1 di Amsterdam lewat gol tunggal Ruud Kroll, sebelum akhirnya 2 gol dari Lou Macari dan Sammy McIlroy di Old Trafford 2 pekan setelahnya menyudahi perlawanan de Godenzonen.



Kemenangan agregat 2-1 tersebut mengantar United ke babak second round menghadapi Juventus yang kemudian menghentikan langkah kita di kompetisi kasta kedua Eropa ini dengan keunggulan agregat 3-1 (United unggul 1-0 di Old Trafford dan menyerah 0-3 di Delle Alpi).

Hembusan takdir kembali membawa kita ke Amsterdam dalam status sebagai "raja yang turun kasta". United harus berbesar hati bermain di Mickey Mouse League setelah dengan "santun" membiarkan Basel menemani Benfica melaju ke perdelapan final Champions League, sedangkan Ajax bernasib apes karena hanya kalah selisih gol dari Lyon untuk bisa lolos menemani Real Madrid.

Undian telah digulirkan dan Tuhan memang Maha Penyayang: Dia mempertemukan kita dengan sesama "mantan raja" sehingga aroma Liga Juara setidaknya masih bisa terasa.

Sir Alex berujar bahwa dia sangat antusias dengan duel yang belum pernah dilakoni sepanjang karirnya ini. Sementara manajer Ajax Frank de Boer mengaku bertemu dengan United adalah sebuah kehormatan bagi klubnya.

United akan terlebih dahulu bertandang ke Amsterdam ArenA pada 16 Februari 2012 dan Ajax akan bertamu ke Teater Impian sepekan kemudian pada 23 Februari 2012. Pemenang dari duel ini akan berhadapan dengan Lokomotiv Moscow atau Athletic Bilbao di babak 16 besar nanti.

Bagi kita sebagai fan United, jelas pertemuan dengan jawara Belanda ini menjanjikan sebuah hiburan, walaupun kita belum tahu pasti apakah Sir Alex akan memainkan skuad utama atau hanya menjadikan arena ini sebagai "Carling" yang lain, meski jika dilihat dari jadwal, kemungkinan besar United akan bermain dengan lapis kedua karena sebelumnya kita baru saja menjalani rentetan big match melawan Chelsea dan Liverpool.


Apapun itu, duel 2 raja turun kasta ini layak untuk dinantikan, meski hanya berlangsung di arena liga para pecundang.

United we stand... 

Come on you Reds!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar