Selasa, 05 November 2013

20 FACTS: REAL SOCIEDAD




SEJARAH

1. Real Sociedad dibentuk pada 7 September 1909 di kota San Sebastian, wilayah Basque, Spanyol.
 


2. Real Sociedad awalnya adalah bagian dari San Sebastian Recreation Club yang dibentuk pada tahun 1904 oleh para pemuda yang baru kembali dari Inggris dimana disanalah mereka mengenal olahraga sepakbola untuk pertama kalinya.



3. Pada bulan Mei 1905 cabang sepakbola dipisahkan dari Recreation Club tersebut dan dibentuk khusus dengan nama San Sebastian Football Club.



4. San Sebastian FC sebagai embrio dari Sociedad kemudian mencoba ikut berpartisipasi dalam Copa del Rey pada 1909 dengan nama Club Ciclista de San Sebastian dan mereka langsung menjadi juara setelah menang 3-1 atas Club Espanyol de Madrid.



5. Tak lama setelah itu akhirnya pada 7 September 1909 Sociedad resmi didirikan dan Raja Spanyol saat itu, King Alfonso XIII, memberikan perlindungan dan restunya untuk klub sehingga mereka berhak menyandang nama "Real" sebagai nama depan klub. Restu dari Raja Spanyol ini didapat karena dia menjadikan kota San Sebastian sebagai ibukota alternatif Spanyol di musim panas kala itu.



6. Kata Sociedad sendiri di dalam bahasa Inggris berarti Society (komunitas/perkumpulan masyarakat).



7. Real Sociedad sempat berganti nama menjadi Donostia Club de Futbol pada tahun 1931 karena perubahan bentuk negara Spanyol menjadi Republik, tetapi klub kembali menggunakan nama Real Sociedad setelah berakhirnya Perang Sipil Spanyol 8 tahun kemudian



8. Kota San Sebastian sendiri adalah sebuah kota yang terletak di tepi pantai wilayah Basque, Spanyol Utara. Luas Kota San Sebastian hanya 60,89 km2 (dua kali lebih luas dari kota Yogyakarta) dengan jumlah penduduk sekitar 186.122 jiwa. Penduduk asli San Sebastian disebut Donostiarra. Sekedar catatan, Mikel Arteta dan Xabi Alonso adalah seorang Donostiarra karena lahir dan besar di kota ini.




9. Real Sociedad merupakan salah satu klub pendiri La Liga pada tahun 1928 bersama 9 klub Spanyol lainnya seperti Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Athletic Bilbao, dll.



10. Real Sociedad juga mempunyai klub sepakbola wanita, atletik, hoki, dan Basque pelota (olahraga sejenis squash).



JULUKAN

11. Real Sociedad mempunyai julukan Txuri-Urdin (si biru-putih), Erreala, dan juga La Real.


evolusi lambang Real Sociedad


KIT & JERSEY

12. Sesuai julukannya, Sociedad menggunakan strip biru-putih sebagai warna seragam mereka. Motif strip biru-putih diambil dari warna bendera kota San Sebastian. Saat ini jersey Sociedad disponsori oleh Nike tanpa adanya sponsor utama di dada.



HOMEBASE

13. Real Sociedad bermarkas di Anoeta Stadium (32.200) sejak 1993. Sebelumnya mereka selalu memainkan pertandingan kandangnya di markas lama mereka Atotxa. Anoeta sendiri masuk dalam kategori stadion elite UEFA sehingga bisa saja digunakan untuk menggelar final Champions League atau Europa League.






SUPPORTER

14. Meski bukan klub besar, Sociedad cukup banyak mempunyai fans diluar dari Donostiarra (penduduk asli kota San Sebastian). Sebuah survey yang diadakan Spanish
Centre of Sociological Investigations mengungkapkan hasil wawancara mereka terhadap fans sepakbola di 49 provinsi di Spanyol yang menyatakan bahwa sekitar 1,3% orang Spanyol mempunyai simpati pada Sociedad dan sekitar 1,5% lainnya memilih Sociedad sebagai klub favorit kedua setelah klub favorit utama mereka.







RIVAL

15. Rival utama Real Sociead adalah Athletic Bilbao. Rivalitas tercipta karena keduanya sama-sama berasal dari wilayah Basque. Pertemuan mereka disebut sebagai Basque Derby dan sayangnya Sociedad lebih sering kalah jika bertemu dengan rival abadinya tersebut.






LEGENDA

16. Manajer legendaris Sociedad adalah Alberto Ormaetxea (1978-1985) yang berhasil mempersembahkan 2 gelar La Liga dan 1 gelar Spanish Super Cup.


Patung Alberto Ormaetxea di depan Anoeta Stadium


Beberapa nama tenar lainnya yang pernah mengarsiteki Sociedad adalah John Toshack, Javier Irureta, dan Chris Coleman.




17. Pemain legendaris Sociedad diantaranya adalah Eduardo Chillida, Kiriki, Luis Arconada, Alberto Gorriz, Jesus Maria Satrustegui, Jose Maria Bakero, Francisco Javier De Pedro, Agustin Aranzabal, Darko Kovacevic, Nihat Kahveci, Mikel Arteta, dan tentu saja Xabi Alonso.




John Aldridge, yang juga menjadi legenda Liverpool, merupakan pemain asing pertama yang memperkuat Sociedad saat ditransfer dari Liverpool di musim 1989/90. Sebelumnya Sociedad mengikuti jejak rival abadi mereka Athletic Bilbao dengan hanya merekrut pemain-pemain asli dari Basque.



PRESTASI

18. Sampai saat ini Sociedad telah meraih 5 major trophy yaitu 2 gelar La Liga (1980/81, 1981/82), 2 gelar Copa del Rey (1908/09, 1986/87), dan 1 gelar Spanish Super Cup (1981/82).



Di era 2000an, prestasi terbaik Sociedad adalah saat menjadi runner-up La Liga 2002/03 dimana mereka hanya kalah 2 angka dari sang juara Real Madrid.




Prestasi terbaik Sociedad di Eropa sejauh ini adalah saat mencapai semifinal Champions Cup 1982/83 dimana mereka kalah agregat 2-3 dari Hamburger SV.



UNITED LINK

19. Sepanjang sejarahnya, Sociedad baru bertemu United di pertandingan kompetitif pada fase grup Champions League 2013/14 ini. Pada pertemuan pertama, United berhasil menang 1-0 lewat gol bunuh diri Inigo Martinez.




REAL SOCIEDAD TERKINI

20. Saat ini Sociedad dilatih oleh Jagoba Arrasate yang merupakan asisten dari manajer sebelumnya Phillipe Montanier. Di musim 2012/13 Montanier berhasil membawa Sociedad duduk di peringkat 4 La Liga sehingga berhak tampil di Champions League untuk yang kedua kalinya (atau yang keempat sepanjang sejarah klub di pentas tertinggi Eropa).




Pemain bintang Sociedad saat ini diantaranya adalah Carlos Vela yang pernah bermain untuk Arsenal, sang kapten Xabi Prieto, dan Antoine Griezmann.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar